Ekonomi

Jelang Lebaran, Harga Pangan dan Pendistribusian Aman

Medan | bilabila

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, harga pangan dan pendistribusian kebutuhan pokok di Sumatera Utara (Sumut) masih aman.

Rekomendasi amannya harga pangan serta pendistribusian di sejumlah pasar berdasarkan hasil pemantauan dan penindakan yang dilakukan pihaknya bersama instansi dan institusi lain yang tergabung dalam Tim Satgas Pangan.

“Amannya harga pangan serta pendistribusian di sejumlah pasar berdasarkan sejumlah kegiatan yang dilakukan Tim Satgas Pangan di Sumut selama 6 bulan yang dimulai Januari 2018 hingga awal Juni 2018,” kata Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan melalui Kasubdit I/Indag, Kompol Roman Smaradhana Elhaj kepada wartawan, Kamis (7/6/2018).

Selain pemantauan harga dan pendistribusian bahan pangan, Tim Satgas Pangan juga telah melakukan penindakan terhadap penimbunan dan penyelewengan bahan pangan. Seperti penggerebekan lokasi pengoplosan gas bersubsidi dan penimbunan bawang di lokasi berbeda, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, jelas Toga, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan praktik penyelewengan harga dan pendistribusian bahan pangan pada H-7 atau sejak tanggal 8 Juni 2018.

Menurutnya, penyelewengan tersebut kemungkinan besar dilakukan mendekati Idul Fitri 1439 H, dengan memanfaatkan meningkatnya minat belanja masyarakat menjelang hari besar keagamaan umat Muslim itu.

“Penyelewengan patut diwaspadai mulai dari H-7, memanfaatkan meningkatnya aktivitas perekonomian, khususnya pada transaksi bahan pangan di masyarakat. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat aktif menginformasikan temuan dugaan penyelewengan di lingkungan sekitar. Kami terus melakukan penyelidikan dan penindakan di lapangan,” harapnya.

Usai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) bersama pihak pengusaha, distributor serta asosiasi terkait dalam rangka mengevaluasi ketersediaan kebutuhan pokok dan bahan penting lainnya menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri 1439 H di Kantor Disperindag Sumut, Satgas Pangan beserta Dispenrindag, Dinas Pertanian, Dinas Perekonomian Provsu, Bulog, Balai Karantina, KPPU dan Bank Indonesia, yang dibagi dalam 3 tim melakukan pengecekan di Pabrik PT Mabar Feed Indonesia Jalan Rumah Potong Hewan Mabar, Pasar Tradisional Palapa Pulobrayan dan Gudang Cemara Medan.

“Hasil pengecekan, untuk kebutuhan pangan kita tidak menemukan kelangkaan dengan harga yang cukup stabil tanpa lonjakan kenaikan. Bahkan ketersediaan Sembako masih aman tanpa lonjakan harga, serta stok pakan ternak terpenuhi,” tutup Toga. (bewe)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close