Sport

Kian Dekat Jadi Manusia Tercepat Asia Tenggara

Jakarta | bilabila

Menyambut Asian Games 2018, Lalu Muhammad Zohri, atlet lari junior Indonesia memberikan kado istimewa buat Bangsa Indonesia dengan medali emas nomor putra dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/07/2018) malam.

Sukses merebut gelar di nomor Men’s 100m Final dari kejuaraan yang digelar International Association Athletics Federation (IAAF World), Zohri mengalahkan unggulan teratas, Anthony Scwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatat waktu 10,22 detik.

Nama Scwartz disebut sebagai the world leader IAAF 100 meter putra yang memiliki catatan waktu 10,09 detik, diukir pada 2 Juni 2018.

Tetapi Zohri yang dijuluki sebagai Bocah Ajaib dari Lombok mampu mengatasi dominasi Scwartz serta Eric Harrison (keduanya dari Amerika Serikat) di peringkat kedua dan ketiga. Hanya berseling satu pelari yang memisahkan Scwartz dengan Zohri di lintasan lapangan atletik, sang pelari asal Lombok melompati garis finish dengan catatan waktu 10,18 detik. Dengan catatan waktu itu, Lalu tinggal berjarak 0, 01 detik dari juara ajang serupa tahun lalu. Noah Lyses (Amerika Serikat) menjadi juara dunia 2017 dengan waktu 10,17 detik.

Selain itu, catatan waktu Zhohri sudah makin dekat dengan torehan waktu seniornya Suryo Agung Wibowo, si manusia tercepat Asia Tenggara. Rekor itu dibuat atlet asal Jawa Tengah tersebut di SEA Games 2009 Laos dengan waktu 10,17 detik. Kini, catatan waktu kedua pelari tersebut 0,01 detik.

Tentu saja pencapaian juniornya tersebut membuat Suryo gembira. Suryo pun berharap Zohri bisa segera memecahkan rekornya dan jangan cepat berpuas diri.

“Ya alhamdullilah, senang, bangga punya junior bisa juara dunia. Akhirnya ada penerus saya setelah hampir sembilan tahun. Saya senang dan bangga. Ini adalah awal dari dia bisa sampai seperti sekarang. Ya, berpikirnya jarak panjang, jangan berpuas diri, jadi tetap membumi juga lah,” kata Suryo Agung, seperti dilansir detikSport, Kamis (12/7/2018). (net)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close
Close