Sumut

Embarkasi Medan Siap Berangkatkan Calhaj Asal Sumut

Kloter Pertama 22 Juli 2018

Medan | bilabila

Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Medan menyatakan siap memproses pemberangkatan jemaah calon haji (calhaj) asal Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumut H Tengku Darmansah didampingi Kepala UPT Asrama Haji Medan H Sutrisno mengatakan, pada musim haji tahun 1439 H/2018 tercatat sebanyak 8433 jemaah calhaj asal Sumut siap diberangkatkan ke tanah suci. Mereka tergabung dalam 21 kloter (setiap kloter berjumlah 393 orang), sedangkan selebihnya akan bergabung dengan jemaah embarkasi Aceh.

“Pada musim haji tahun ini, kloter 1 dipercayakan kepada jemaah asal Kabupaten Langkat. Mereka akan memasuki asrama haji Medan, Sabtu (21/7/2018). Kemudian akan dilepas keberangkatannya menuju Madinah Arab Saudi melalui Bandara Internasional Kuala Namu Deliserdang, Minggu (22/7/2018),” ujar Darmansah.

Terkait kesiapan pemondokan jemaah saat di Asrama Haji Medan, para jemaah akan ditempatkan di Hotel Madinah Al Munawarah. “Khusus untuk lansia dan resiko tinggi kita tempatkan pada lantai 1 dan 2, selebihnya di lantai 3 dan 4. Sedangkan paspor dan visa jemaah sudah rampung hingga 7 kloter. Artinya jemaah sudah siap untuk diberangkatkan,” terang Darmansah.

Darmansah pun mengakui visa yang belum rampung akan terus diproses. “Sesuai jadwal keberangkatan, semua jemaah akan bisa diberangkatkan ke tanah suci,” ujar Darmansah sembari menjelaskan, dari 8433 calhaj embarkasi Medan, sebanyak 2407 orang merupakan warga Kota Medan, Sedangkan selebihnya calhaj dari seluruh kabupaten/kota di Sumut.

Sementara, Drs H Sutrisno menyebutkan, setiap kedatangan jemaah calhaj akan diterima panitia di Gedung King Abdul Aziz. Sedangkan untuk acara pemberangkatan akan dilakukan di Gedung Jabal Nur. (bewe)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close