EkonomiNasional

Idaham Nikmati Cemilan Khas Tarakan

Rakernas APEKSI XIII 2018 di Tarakan

Tarakan | bilabila

Perjalanan dinas bisa jadi tidak menyenangkan, terutama saat Anda tidak dapat berjalan-jalan sekaligus berbelanja sambil menikmati makanan khas daerah tersebut. Di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII di Tarakan, Kalimantan Utara, 24-26 Juli 2018,
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menyempatkan diri melihat ‘Indonesia City Expo’–pameran yang diikuti Pemerintah Kota (Pemko) anggota APEKSI. Indonesia City Expo memamerkan sejumlah potensi yang dimiliki Pemko di Indonesia, termasuk perekonomian.

Didampingi Lisa Andriani sang istri, Idaham singgah dibeberapa stan yang menjual batik dan peci serta cemilan khas kota Tarakan berbahan baku ikan. “Rasanya enak,” puji Idaham sewaktu mencicipi cemilan tersebut.

Idaham juga membeli beberapa potong baju batik si stan kota Surakarta sebagai oleh-oleh. “Pak Wali bilang pernah mengunjungi toko saya di Solo. Pak Wali juga mengundang saya ke Binjai,” ujar Ari, owner Batik Lengo yang mengaku sangat senang karena toko batik miliknya dikunjungi Walikota Binjai.

Dari stan Batik Lengo, Idaham singgah ke stan Kota Banda Aceh. Peci warna hitam buatan Kota Serambi Mekah itu langsung dicoba. Cocok harga dan enak dipakai di kepala, Idaham langsung membayar peci tersebut.

Sebelum rakernas dimulai, Idaham bersama para walikota anggota APEKSI bertemu Presiden Joko Widodo (Jokow) di Istana Bogor, Jawa Barat. Pada pertemuan itu, disampaikan beberapa usulan terkait permasalahan pembangunan kota. “Permohonan yang disampaikan antara lain agar kelurahan juga diberi dana seperti dana desa. Dengan adanya dana kelurahan, akan sangat membantu mengatasi masalah yang terjadi di perkotaan,” kata Idaham yang saat itu didampingi Asisten Pemerintahan Otto Harianto dan Kepala Bappeda Agustawan Karnajaya.

Selama berada di Tarakan, Idaham menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII 2018. Mengsusung Tema ‘Sentral Penguatan Kerjasama Antar Daerah Dalam Mengoptimalkan Potensi Daerah’, Rakernas tersebut dibuka secara resmi oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono. “Ke depan Rakernas Apeksi hendaknya dapat membawa sebuah perubahan kebaikan untuk masyarakat di seluruh kota se-Indonesia,” kata Soni Sumarsono.

Soni Sumarsono juga menekankan tentang pentingnya kerja sama daerah dalam mensejahterakan rakyat. Menurutnya, ini merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan. “Jadi Rakernas APEKSI tidak sekadar membahas berbagai isu yang berkembang dalam pemerintahan, namun juga menjadi ajang silaturahmi antar Walikota se-Indonesia,” pungkasnya. (bewe)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close