Nasional

Pesparawi Memberi Suasana Damai bagi Bangsa Indonesia

Pontianak | bilabila

Dua menteri kabinet Jokowi-JK, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjadi saksi kemeriahan seremoni Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional XII yang diikuti 34 provinsi di Indonesia.

Kemeriahannya sudah mulai terlihat sejak setiap kontingen yang mengenakan pakaian adat masing-masing sembari membawa Bendera Merah Putih memasuki Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Kota Pontianak, kalimantan Barat, Senin (30/7/2018) sekitar pukul 19.00 WIB.

Tidak ketinggalan penampilan memukau dari 850 penari kolosal yang memadati stadion. Mereka menggambarkan atau merefresentasikan tiga etnis terbesar di Provinsi Kalbar, yakni Melayu, Dayak dan Tionghoa.

“Saya merasa bangga, bahwa kehadiran paduan suara seluruh Indonesia, memberikan suasana yang damai bagi seluruh bangsa Indonesia,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan, mewakili Presiden Jokowi, dilansir Netizen Media.

Dikatakan Luhut, meski tanpa kehadiran Presiden Jokowi tidak bisa hadir lantaran sesuatu dan lain hal, suasana damai bagi seluruh rakyat Indonesia tidak terlepas dari rasa toleransi antarsuku, umat beragama dan budaya. “Seperti harmoni yang bisa kita dengar dari paduan suara yang terdiri dari suara bass, tenor, sopran dan alto–ketika dinyanyikan bersama dalam satu paduan, akan menjadikan alunan yang indah,” terang Luhut.

Senada dengan Luhut, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, Pesparawi yang dihelat tahun ini memiliki makna yang sangat penting. “Yaitu sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan keagaman bagi umat Kristiani,” terang Lukman Hakim. (net-bewe)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close